Jumat, 11 Desember 2009

SEJARAH KEHIDUPAN DI BUMI

Sejarah kehidupan di bumi yaitu berawwal ketika bumi baru saja terbentuk,dan yang terjadi selanjutnya adalah terjadinya proses evolusi kimiawi .

Proses Evolusi kimiawi,yaitu mengubah molekul-molekul yang berukuran kecil menjadi sebuah molekul yang berukuran besar ,lalu setelah itu melahirkan sel pertama ,sel pertama tersebut lalu membuat organisme multiseluler .
Organisme Multiseluler itu merupakan organisme yang terbentuk dari 2 sel organisme atau lebih . oleh sebab itu maka disebut organisme multiseluler.

Selanjutnya kita akan membahas Era-era terbentuknya Bumi.
Era - era terbentuknya bumi di bagi dalam beberapa Era,yaitu:

1)Era arkea /archean(4600-2500 juta thn yg lalu)
Pada era arkea ini bumi terbentuk melalui proses evolusi biokimiawi yang selanjutnya proses tersebut menghasilkan sel pertama dan menghasilkann organisme pertama.

2)Era proteozoikum/proterozoic(2500-544 juta tahun yg lalu
Pada era ini bumi terbentuk melalui sel prokarya ,lalu sel prokarya menghasilkan bakteri penghasil oksigen yg berguna bagi seluruh kehidupan manusia.Selain itu bumi juga terbentuk melelui sel eukaryota pertama yg mengahasilkan protista yg terbagi menjadi ;profita,protozoa,hewan overtabratamuncul.

3)Era Palezoikum/paleozoic(544-250 juta tahun yg lalu)
Pada era ini muncul hewan hewan bertulang belakang,seperti arthropoda ,vertebrata cth: ikan,reptil,tumbuhan paku"an dan fungi

4)Era Mesozoikum/mesozoic(250-60 juta tahun yg lalu)
Pada era ini mulai muncul hewan dinosaurus kecil,tak lama muncul dinosaurus besar,tetapi perlahan lahan mulai punah
lalu muncul tumbuhan bebunga ,serangga menyebar.

5)Era senozoikum/cenozoic(65 juta tahun yg lalu)
Pada era ini mulai muncul mamalia kecil dan tak lama muncul mamalia besar . dan pada eara ini muncul hewan primata seperti monyet ,karena monyet merupakan nenek moyang manusia yg disebut manusia purba lalu muncul manusia pertama dan muncul manusia modern.

Hal yg di jelaskan di atas merupakan sejarah terbentuknya bumi , bumi yg terbentuk melelui beberapa era atau tahapan trahapan proses terbentuknya bumi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar